Tugas-tugas

Tugas 1
1. Tentukan jumlah dari:
a. 5a + 8 dan 8a + 3
b. 6p – 5q – 2r dan -8p + 6q + 9r
c. 8×2 + 4x – 21 dan 6×2 – 14x + 7
d. 2(3a + 5b + 3) dan 4(2b – 3a + 6)
2. Kurangkanlah:
a. 7a + 14 dari 9a +12
b. 2×2 + 15x – 18 dari 11×2- 17x + 24
c.12p – 7q + 6 dari 15p + 18q – 17
d.-5(4y2 – 2y + 8) dari 4(7y2 + 6y – 5)

Tugas 2
Tentukan hasil perkalian bentuk aljabar berikut ini:
1. a(3a + 8b)
2. -2p(7p2 + 4q)
3. -5p2(6p – 3 q)
4. -3b(6a2 + 5ab – 4b2)
5. (x + 4)(x + 15)
6. (2y – 5)(2y + 3)
7. (3xy + 7)(2xy – 5)
8. (y + 4)(y2 + 4y + 16)
9. (2x + y)(x2 + xy + y2)
10. (3x + 2y)(9×2 – 6xy + 4y2)
Tentukan hasil pembagian bentuk aljabar berikut ini:
1. (x2 + 9x + 18):(x + 6)
2. (x2 + 11x + 28):(x + 4)
3. (2y2 – 10y + 12):(y – 4)
4. 32x5y8 : (2x3y2 x 8xy4z4)
5. (16y4 – 1)(2y – 1)

Tugas 4
1. Tentukan gradien dari masing-masing garis berikut :
a. y – 6x + 7 = 0
b. 3x + y = 8
c. 10x – 14y + 12 = 0
2. Tentukan gradien dari garis yang tegak lurus masing-masing garis berikut :
a. 6x – y + 5 = 0
b. y + 3x – 2 = 0
c. 10x – 20y + 5 =0
3. Tentukan persamaan garis yang melalui (0,0) dan tegak lurus garis dibawah ini :
a. 4x – 3y -2 = 0
b. 5x – y +7 = 0
c. 3x + 4y + 12 = 0
4. Tentukan titik T apabila garis k : 2x + 4y – 2 = 0 dan m : x – y – 1 =0 saling berpotongan di titik T
5. Tentukan nilai n apabila garis nx – y + 4 = 0 :
a. berimpit dengan garis 2x – 5y + 20 = 0
b. sejajar dengan 5x + 6y – 30 = 0
c. tegak lurus dengan garis 8x – 3y – 48 = 0

Tugas 5
1. Selesaikan system persamaan di bawah ini secara grafik.
a.
b.
c.
2. selesaikan sistem persamaan dibawah ini dengan metode substitusi dan tuliskan himpunan penyelesaian.
a.
b.
c.
3. selesaikan sistem persamaan dibawah ini dengan metode elliminasi dan tuliskan himpunan penyelesaian.
a.
b.
c.

Tugas 7
1. Sebuah persegi panjang mempunyai perbandingan panjang : lebar = 8 : 6. apabila keliling persegi panjang sama dengan 1.400 cm, tentukan panjang diagonal persegi panjang tersebut.
2. Sebuah pesawat udara terbang 20 km ke barat kemudian 21 km ke selatan. Hitunglah jarak pesawat itu dari tempat semula.
3. Sebuah perahu berlayar ke jurusan 600 sejauh 80 km, kemudian ke jurusan 1500 sejauh 240 km. Tentukan jarak perahu terhadap letak semula.(petunjuk : gunakan jurusan tiga angka)
4. Seorang anak berdiri di suatu tempat (A) di tepi sungai yang lurus. Ia mengamati dua pohon B dan C yang berada di seberang sungai. Pohon B tepat di seberang A. Jarak pohon B dan C adalah meter dan besar sudut BAC = 300 . hitung lebar sungai itu.
5. Dalam sama kaki, AB = AC = 4 cm, , dan CN garis tinggi. Hitunglah panjang BN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: